Fajrina, Wilta (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA/MA MATERI ASAM DAN BASA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141019 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8166141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8166141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 8166141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 8166141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8166141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8166141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8166141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 8166141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 8166141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 8166141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media
pembelajaran kimia yang digunakan di MAN 2 Langsa telah sesuai dengan standart
BSNP terintegrasi media interaktif computer; (2) mengetahui tingkat kelayakan media
pembelajaran lectora inspire materi asam dan basa yang telah dikembangkan sesuai
dengan standart BSNP terintegrasi media interaktif komputer; (3) mengetahui perbedaan
peningkatan penguasaan konsep siswa materi asam dan basa yang dibelajarkan
menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media
powerpoint; (4) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan
menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media
powerpoint; (5) mengetahui korelasi motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep
siswa yang dibelajarkan menggunakan media lectora inspire; dan (6) mengetahui korelasi
motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan
media powerpoint. Jenis penelitian menggunakan metode R & D (Development Research)
dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Langsa,
seluruh dosen program studi pendidikan kimia pascasarjana Universitas Negeri Medan,
dan seluruh guru MAN 2 Langsa. Sampel penelitian adalah siswa kelas MIA 1 dan MIA
2 masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah angket BSNP
terintegrasi media interaktif komputer yang diberikan kepada dua orang dosen program
studi pendidikan kimia pascasarjana Universitas Negeri Medan dan dua orang guru kimia
SMA, tes pilihan berganda untuk mengukur penguasaan konsep siswa dan lembar angket
untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan
statistik menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) media pembelajaran powerpoint yang digunakan di MAN 2 Langsa memiliki
kategori cukup layak, dengan kelayakan isi sebesar 3,1 namun kelayakan penyajian masih
sebesar 2,8 dan belum dilengkapi dengan animasi, vidio, audio, icon, games edukasi, soal
tes, dan penskoran jawaban siswa secara otomatis yang layak digunakan sebagai media
interaktif; (2) media pembelajaran lectora inspire yang telah dikembangkan memiliki
nilai aspek kelayakan isi sebesar 4,8 dan aspek penyajian sebesar 4,7 dengan kategori
sangat layak; (3) terdapat perbedaan penguasaan konsep (N-gain siswa) materi asam dan
basa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah
dikembangkan dengan media powerpoint (0,041 ); (4) terdapat perbedaan motivasi belajar
siswa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah
dikembangkan dengan media powerpoint (0,000); (5) terdapat korelasi positif dan
signifikan motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan
menggunakan media lectora inspire (0,003); (6) terdapat korelasi positif dan signifikan
motivasi belajar siwa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan
media powerpoint (0,010)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.285 Faj p |
Keywords: | media pembelajaran interaktif, lectora inspire, penguasaan konsep, motivasi, asam dan basa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 May 2018 01:39 |
Last Modified: | 31 May 2018 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30532 |