PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMA INOVATIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA

Marpaung, Nurlela Ramadani (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMA INOVATIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156142028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156142028 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156142028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156142028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156142028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156142028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156142028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156142028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156142028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156142028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156142028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156142028 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156142028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156142028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156142028 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156142028 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156142028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156142028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156142028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156142028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156142028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156142028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia inovatif berbasis pendekatan saintifik
yang layak digunakan serta efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa
pada pengajaran titrasi asam-basa. Bahan ajar kimia inovatif berbasis saintifik dikembangkan
melalui inovasi model pembelajaran berbasis proyek, kontekstual dan pendekatan laboratorium
serta diintegrasi menggunakan media teknologi dalam bentuk web-blog. Bahan ajar ini diharapkan
dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar secara offline maupun online. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D), dengan
tahapan, meliputi : (1) Analisis kebutuhan terhadap materi ajar titrasi asam- basa yang berorientasi
KKNI, (2) Pengembangan bahan ajar kimia inovatif berbasis saintifik pada materi titrasi asambasa melalui inovasi model pembelajaran berbasis proyek, kontekstual, dan pendekatan
laboratorium, (3) Melengkapi bahan ajar dengan media online berbasis multimedia dan diaplikasi
dalam bentuk web-blog, (4) Standarisasi terhadap bahan ajar kimia inovatif yang dikembangkan
sesuai dengan kriteria BSNP, kelayakan media, dan saintifik (5) Uji coba terbatas terhadap bahan
ajar kimia inovatif yang telah dikembangkan pada pengajaran titrasi asam basa. Instrumen
pengumpul data berupa kuisioner, lembar observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk uraian.
Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang terdiri dari kelas kontrol dan
eksperimen. Sampel dalam penelitian berupa 3 buah buku pegangan mahasiswa yang digunakan
dalam pembelajaran titrasi asam-basa; 3 orang dosen Jurusan Kimia, FMIPA Unimed dan 5 orang
mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Kimia Unimed sebagai validator ahli; serta mahasiswa
semester III Jurusan Kimia, FMIPA Unimed T.P. 2016/2017. Analisis data terhadap hasil belajar
mahasiswa pada materi titrasi asam-basa dilakukan melalui uji-t dengan bantuan SPSS versi 21.0
menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)
rata-rata penilaian buku pegangan mahasiswa yang dianalisis sesuai kriteria BSNP adalah 3,09
dan tergolong dalam kategori cukup layak untuk digunakan namun perlu dilakukan
pengembangan dan inovasi. (2) Bahan ajar kimia inovatif berbasis saintifik untuk pengajaran
titrasi asam-basa yang dikemas dalam bentuk text book dan e –book sangat layak untuk digunakan
dengan rata-rata penilaian BSNP, kelayakan media dan kriteria saintifik berturut-turut adalah
4,69; 4,78; dan 4,68. (3) Paket pembelajaran saintifik yang dilengkapi lembar kerja, kegiatan
laboratorium, dan aktivitas belajar berorientasi kurikulum KKNI dapat diintegrasi dalam bentuk
web-blog sehingga dapat diakses secara offline maupun online. (4) Persentase peningkatan hasil
belajar mahasiwa yang menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis saintifik lebih tinggi
dibandingkan persentase peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan buku pegangan
(72,52% >51,41%). (5) Persentase peningkatan motivasi belajar mahasiwa yang menggunakan
bahan ajar kimia inovatif berbasis saintifik pada pengajaran titrasi asam-basa lebih tinggi
dibandingkan peresentase peningkatan motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan buku
pegangan (75,84% > 62,95%). (6) Terdapat korelasi yang positif antara motivasi dengan hasil
belajar mahasiswa yang menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis saintifik pada pengajaran
materi titrasi asam- basa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 546.24 Mar p
Keywords: Bahan ajar kimia inovatif, hasil belajar, motivasi, pendekatan saintifik, titrasi asambasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 01:15
Last Modified: 31 May 2018 01:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30528

Actions (login required)

View Item
View Item