SIREGAR, EFRI HARYANI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II DI MAN 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 3133331039 Coverr.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2 Nim 3133331039 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3 Nim 3133331039 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4 Nim 3133331039 Plagiat.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5 Nim 3133331039 Abstract.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6 Nim 3133331039 Table of Content.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7 Nim 3133331039 List of Table.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8 Nim 3133331039 List of Figure.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 Nim 3133331039 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
10 Nim 3133331039 Chapter I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
15 Nim 3133331039 Chapter VI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
16 Nim 3133331039 Reference.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan aktivitas pemecahan masalah siswa pada materi pokok
fluida dinamis di kelas XI semester II MAN 3 MEDAN T.P 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI-MIA semester II MAN 3 MEDAN T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning
dengan jumlah 34 orang siswa, dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung dengan jumlah 34 orang siswa, Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan instrumen berupa essay tes sebanyak 8 soal dan aktivitas pemecahan masalah siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 40,80 dengan standar deviasi 6,57 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 37,5 dan standard deviasi 11,4. Kemudian dilakukan uji t dua pihak pada data pretes dan diperoleh nilai thitung 1,21 dan nilai ttabel 1,99 yang menunjukkan bahwa thitung < ttabel maka dapat di simpulkan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan, pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning diperoleh nilai rata-rata postes 72,15 dengan standar deviasi 6,93 dan pada kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata postes 62,5 dengan standard deviasi 10,06. Kemudian dilakukan uji t satu pihak pada data postes dan diperoleh nilai thitung 4,45 dan nilai ttabel 1,67, yang menujukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga
diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester II MAN 3
MEDAN T.P 2016/2017. Selama proses pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata aktivitas pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen adalah 73,5 termasuk
dalam kriteria aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 069 |
Keywords: | Model Problem Based Learning, Aktivitas Pemecahan Masalah, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 30 May 2018 10:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30521 |