Azmi, Muhammad zulfi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141052 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4133141052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 4133141052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM. 4133141052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 4133141052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 4133141052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 4133141052 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4133141052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4133141052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 4133141052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM. 4133141052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan Student Team Achievement Division pada materi pokok sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “pretes,postes,grub design”. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling (sampel pilihan) yang berjumlah 79 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana Kelas XI-IPA2 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, dan kelas XI-IPA3 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah 78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada materi pokok sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2017/2018 lebih baik dibandingkan dengan Student Team Achievement Division dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 068 |
Keywords: | hasil belajar, number head together, student team achievment division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 30 May 2018 10:57 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30520 |