PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P. 2017/2018

Azmi, Muhammad zulfi (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133141052 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133141052 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133141052 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133141052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133141052 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133141052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133141052 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133141052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133141052 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133141052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133141052 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133141052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133141052 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133141052 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133141052 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133141052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133141052 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133141052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133141052 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133141052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133141052 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133141052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan Student Team Achievement Division pada materi pokok sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “pretes,postes,grub design”. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling (sampel pilihan) yang berjumlah 79 orang terdiri dari 2 kelas. Dimana Kelas XI-IPA2 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, dan kelas XI-IPA3 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah 78,44 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Number Head Together adalah dengan rata-rata 73,83. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (2,097 > 1,994), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together pada materi pokok sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan tahun pembelajaran 2017/2018 lebih baik dibandingkan dengan Student Team Achievement Division dan berbeda secara signifikan pada α = 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 068
Keywords: hasil belajar, number head together, student team achievment division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 30 May 2018 10:57
Last Modified: 18 Feb 2019 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30520

Actions (login required)

View Item
View Item