Usman, Ali (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN SIMULASI PADA KELAS XI TKR SMK MITRA MANDIRI PANYABUNGAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121122001 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5121122001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM. 5121122001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 5121122001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM. 5121122001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 5121122001 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5121122001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5121122001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 5121122001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
13. NIM. 5121122001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5121122001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving dan Simulasi Pada Siswa Kelas XI TKR SMK Mitra Mandiri Panyabungan T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah (quasi eksperimen research) dengan bentuk penelitian posttest-Only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas XI TKR1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 17 orang dan Kelas XI TKR2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 16 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran problem solving, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran simulasi. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem solving pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran simulasi pada mata pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XI TKR SMK Mitra Mandiri Panyabungan T.A 2017/2018. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,2127 > 1,6957 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 005 |
Keywords: | Model pembelajaran, kewirausahaan, Problem Solving, Hasil Belajar, Simulasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 May 2018 11:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30504 |