Mardhiya, Julia (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK KELAS X SMA/MA SEMESTER GENAP SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141008 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8166141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM. 8166141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8166141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8166141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 8166141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 8166141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. NIM. 8166141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 8166141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. NIM. 8166141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8166141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum kimia
yang digunakan di sekolah sesuai atau tidak menurut kriteria yang ditetapkan oleh
BSNP, membuat penuntun praktikum kimia untuk kelas X SMA/MA Semester
Genap yang valid sesuai kriteria BSNP, membuat kit pratikum kimia yang
memenuhi standar, mengetahui tingkat keterlaksanaan penuntun dan kit praktikum
yang dikembangkan, mengetahui keefektifan penggunaan penuntun dan kit
praktikum kimia terhadap hasil belajar kognitif, sikap dan keterampilan siswa serta
untuk mengetahui respon siswa terhadap penuntun dan kit yang dikembangkan.
Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dua penuntun praktikum
kimia dengan penerbit berbeda kelas X SMA/MA Semester Genap dan 20 siswa
kelas X MIA MAN 2 Tanjung Pura yang dipilih menggunakan teknik purposive
sampling. Penelitian termasuk penelitian pengembangan (research and
development) dengan desain penelitian ADDIE. Pada tahap implementasi
digunakan desain penelitian one shot case study. Teknik analisis data dalam
penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan lembar uji
kelayakan penuntun dan kit praktikum, lembar observasi keterampilan, lembar
observasi sikap, tes hasil belajar kognitif dan respon siswa terhadap penuntun dan
kit praktikum. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penuntun
praktikum yang ada di sekolah layak digunakan namun perlu adanya
pengembangan. Hasil uji kelayakan penuntun praktikum yang dikembangkan yaitu
kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikan
dinyatakan layak, demikian juga dengan kit yang dikembangkan dinyatakan layak
digunakan. Tingkat keterlaksaan penuntun dan kit praktikum pada kelompok kecil
sebesar 88,50% yang dikategorikan sangat baik. Keefektifan penggunaan penuntun
dan kit praktikm kimia terhadap hasil belajar kognitif, sikap dan keterampilan siswa
diuji dengan one sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh hasil ratarata
hasil belajar kognitif, sikap dan keterampilan siswa yang menggunakan
penuntun dan kit praktikum kimia lebih besar dari 75 (KKM) dan respon siswa
terhadap penuntun dan kit yang dikembangkan 81,14% dalam kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 5421 Mar p |
Keywords: | Praktikum Kimia, ADDIE,Ilmu Kimia, Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2018 02:49 |
Last Modified: | 26 May 2018 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30492 |