ADRIYANI, SRI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN JALAN KE BAWAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DI KELAS III SDN 101772 TANJUNG SELAMAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1141111080_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1141111080_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. NIM. 1141111080_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 1141111080_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 1141111080_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 1141111080_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111080_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111080_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111080_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10 NIM. 1141111080_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
11. NIM. 1141111080_BAB II.pdf - Published Version
Download (774kB) | Preview
12. NIM. 1141111080_BAB III.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
13. NIM. 1141111080_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 1141111080_BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
15. NIM. 1141111080_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
16. NIM. 1141111080_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Matematika materi pembagian jalan ke bawah kelas III dengan menggunakan metode latihan. Jenis penelitian ini adalah Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Negeri 101772 Tanjung Selamat yang berjumlah 32 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi pembagian jalan ke bawah dan metode latihan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan observasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : nilai rata-rata dari 32 siswa hasil belajar pada pretest adalah 33,43 yaitu hanya 5 siswa (15,62%) yang mendapat nilai tuntas dan sebanyak 27 (84,37 %) siswa yang belum mendapat nilai tuntas. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus I terdapat 17 (53,12%) siswa yang tuntas dan sebanyak 15 (46,87%) siswa yang belum tuntas dengan rata-rata nilai siswa post test siklus I adalah 66,3. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus II terdapat 29 siswa (90,62%) yang tuntas dan sebanyak 3 siswa (9,37%) yang belum tuntas dengan rata-rata nilai siswa di post test siklus II adalah 81,87.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode latihan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pembagian jalan ke bawah kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 75% terhitung dari Pre Test hingga Post Test Siklus II. Hal ini dibuktikan dari persentase 90,62 % - 15,62 % = 75 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 135 |
Keywords: | Hasil Belajar ; Metode Latihan ; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 25 May 2018 11:41 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30481 |