Br.Sitepu, Ria Aprinita (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111048_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1143111048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 1143111048_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1143111048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1143111048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 1143111048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143111048_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1143111048_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1143111048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya daya serap peserta didik dalam pembelajaran salah satunya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rendahnya hasil belajar IPS juga disebabkan kurangnya penggunaan media
dalam pembelajaran IPS sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru yang dimana proses belajar mengajar yang terjadi dikelas berlangsung dengan sistem mencatat, menghafal dan mengerjakan soal. Adapun tujuan dalam
penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI, 2) untuk mengetahui penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video dengan media gambar pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk tes pilihan ganda (Multi Choise). Hasil dari penelitian yaitu: 1) berdasarkan hasil belajar siswa setelah
menggunakan media video didapat nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata 76,5, 2) berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar didapat nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata 61,666, 3) berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,258 > 2,002. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video dengan media gambar pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 101797 Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 123 |
Keywords: | Media Video, Media Gambar, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 May 2018 14:27 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30465 |