IKASTRY, FEBITYA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAN 15 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4133341050 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2.NIM 4133341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3.NIM 4133341050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4.NIM 4133341050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5.NIM 4133341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6.NIM 4133341050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.NIM 4133341050 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM 4133341050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9.NIM 4133341050 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13.NIM 4133341050 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14.NIM 4133341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC) pada materi virus di kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIA-5 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I yang digunakan sebanyak 33 siswa dan kelas ekperimen II yang digunakan sebanyak 33 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis bentuk pilihan berganda untuk
mengukur hasil belajar siswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT)dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar postest pada kelas Numbered Head Together (NHT) (X1)sebesar 85,30 dengan satandar deviasi 8,47, dan hasil belajar postest pada kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (X2) sebesar 81,21 dengan standar deviasi 8,10. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok virus menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel(2,01 > 1,69) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model tipe Numbered Head Together (NHT) dan model tipe model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi
pokok virus di kelas X SMA Negeri 15 Medan T.P. 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 061 |
Keywords: | Model Pembelajaran Nht,Model Pembelajaran Circ,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 May 2018 14:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30464 |