SYIFA, AISYAH NAWAR (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PEMBELAJARAN GUESS THE WORD DI KELAS V SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A.2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111002_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143111002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1143111002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143111002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM. 1143111002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143111002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1143111002_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143111002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1143111002_BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 1143111002_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM. 1143111002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Teknik Pembelajaran Guess The Word pada Mata Pelajaran IPS dalam Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia di kelas V SD Negeri 101797 Deli
Tua T.A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 23 orang siswa dengan jumlah 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas Vb SD Negeri 101797 Deli Tua. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan, yaitu perencanaan
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi yang dimaksud adalah pengamatan yang dilakukan oleh guru dan teman sejawat terhadap siswa dan penenliti selama
proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan lembar tes diberikan kepada siswa untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Tes ini digunakan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan anlisis data, ternyata pada saat dilakukan pre test kepada 23
orang siswa menunjukkan ada 3 orang siswa yang tuntas dengan persentase 13,04 % dan 20 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 86,96 % dengan nilai rata-rata kelas 45,65. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I menunjukkan ada 13 orang siswa yang tuntas dengan persentase 56,52 % dan 10 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 43,48 % dengan nilai rata-rata kelas 63,91. Karena pada siklus I belum berhasil, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II menunjukkan 20 orang siswa yang tuntas dengan persentase 86,96 % dan 3
orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 13,04 % dengan nilai rata-rata kelas 82,83. Sedangkan jika dilihat dari hasil observasi pada siklus I, kemampuan
peneliti dalam mengajar memperoleh persentase sebesar 77,27 % dan nilai ratarata observasi belajar siswa sebesar 50,54. Pada siklus II, kemampuan peneliti
dalam mengajar memperoleh persentase sebesar 93,18 % dan nilai rata-rata observasi belajar siswa sebesar 78,43
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 115 |
Keywords: | guess the word |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 23 May 2018 15:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30453 |