OKTA, ARLELDA JACIA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS III SD NEGERI 101775 SAMPALI KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111013 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1141111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
3. NIM. 1141111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM, 1141111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 1141111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 1141111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1141111013 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1141111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1141111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM. 1141111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 1141111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa rendah pada materi pecahan di Kelas III b SD Negeri 101775 Sampali Kec. Percut Sei Tuan T.A. 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika menggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi pecahan siswa Kelas III b SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan subjek siswa III b SD Negeri 101775 Sampali yang berjumlah 31 orang dengan rician 14 laki-laki dan 17 perempuan. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Dari hasil temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa 30,32 dengan persentase keberhasilan belajar siswa secara klasikal 0%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari hasil postes I diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 52,9 dengan persentase keberhasilan siswa secara klasikal dari hasil postes I meningkat menjadi 29,03% (8 orang siswa yang tuntas) dan 74,19% tidak tuntas (jumlah siswa 23 orang). Selanjutnya, dari hasil postes siklus II diperoleh hasil belajar matematika siswa meningkat menjadi rata-rata 71,45 dan persentase keberhasilan siswa secara klasikal mengalami peningkatan menjadi 87,09% (27 orang siswa) tuntas dan 12,9% yang tidak tuntas (4 orang siswa).
Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunakan Strategi pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika dengan kompetensi dasar memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhanapada kelas III SD Negeri 101775 Sampali tahun ajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 112 |
Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Tipe Think Talk Write (Ttw) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 23 May 2018 12:20 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30438 |