PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2017/2018

SIMAMORA, GREYS (2012) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7132141018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7132141018 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7132141018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7132141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7132141018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7132141018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7132141018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7132141018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7132141018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7132141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7132141018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7132141018 TABLES.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7132141018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7132141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7132141018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7132141018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7132141018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7132141018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7132141018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7132141018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7132141018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7132141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Medan Jalan Kramat Indah/ Selambo Ujung, Kelurahan Medan Tenggara, Kecamatan Medan Denai. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 145 orang siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 43 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling.dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner.Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji validitas angket dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda ,uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial(uji t) dan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis regresi liner berganda Y= 13.758 + 0.532 X1 + 0.335 X2 + e. Terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonom`i orang tua terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2017/ 2018 dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4.795 > 1.682) dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 2. Tedapat pengaruh positif dan signifikan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3.781>1.682) dengan taraf signifikasi sebesar 0,001 < 0.05. 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan nilai fhitung lebih besar dari ftabel (137.970 > 3.23) dengan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 <0,05, dan 4. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0.873 yang menjelaskan pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa sebesar 87.3% sedangkan 12.7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 EKO 009
Keywords: Status Sosial Ekonomi, Cara Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 22 May 2018 14:24
Last Modified: 18 Feb 2019 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30422

Actions (login required)

View Item
View Item