SIMAMORA, GREYS (2012) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141018 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 7132141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM 7132141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. NIM 7132141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
5. NIM 7132141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
6. NIM 7132141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7. NIM 7132141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 7132141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9. NIM 7132141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
13. NIM 7132141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
14. NIM 7132141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Medan Jalan Kramat Indah/ Selambo Ujung, Kelurahan Medan Tenggara, Kecamatan Medan Denai. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 145 orang siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 43 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling.dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner.Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji validitas angket dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda ,uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial(uji t) dan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis regresi liner berganda Y= 13.758 + 0.532 X1 + 0.335 X2 + e. Terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonom`i orang tua terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2017/ 2018 dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4.795 > 1.682) dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. 2. Tedapat pengaruh positif dan signifikan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3.781>1.682) dengan taraf signifikasi sebesar 0,001 < 0.05. 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar dibuktikan dengan nilai fhitung lebih besar dari ftabel (137.970 > 3.23) dengan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 <0,05, dan 4. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0.873 yang menjelaskan pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa sebesar 87.3% sedangkan 12.7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2017/ 2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 009 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi, Cara Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 22 May 2018 14:24 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30422 |