Rambe, Linda Sari (2018) RANCANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI NO. 101791 KEC. PATUMBAK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146181015 COVER.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
2. NIM. 8146181015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM. 8146181015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. NIM. 8146181015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM. 8146181015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 8146181015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8146181015 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8146181015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 8146181015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM. 8146181015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 8146181015 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
enelitian ini dilatar belakangi untuk mendidik siswa menanamkan nilai
etika, sopan santun, norma dasar dalam konteks pendidikan atau sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan rancangan model
pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di SD Negeri No. 101791
kecamatan Patumbak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri No.
101791 Kec. Patumbak, sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai
karakter yang dikembangkan di SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak, 2)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Format Penilaian guru yang
mengajar di kelas sudah menggambarkan RPP dan Format Penilaian siswa.
Komponen RPP yang dijadikan penilaian pada penelitian ini adalah SK/ KD,
tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan format penilaian.
RPP dan Format Penilaian yang disusun guru masih kategori penilaian ‘’baik’’.
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Model Pendidikan Karakter adalah adanya
tujuan pendidikan karakter, isi pendidikan karakter, metode pendidikan karakter,
media pendidikan, dan lingkungan pendidikan, 3) Penataan ruang kelas adalah
untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru perlu
memperhatikan pengaturan/ penataan ruang kelas. 4) Pelaksanaan pendidikan
karakter melalui pelajaran PKn di kelas V SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak
menunjukkan bahwa: terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah
diterapkan, yaitu religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial,
peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Pelaksanaan model pendidikan karakter
pada pembelajaran PKn di sekolah dasar di lakukan dengan tahapan sebagai:
pendidikan Karakter hubungannya dengan Tuhan. Untuk guru, disarankan
menggunakan pembelajaran dengan model pendidikan karakter yang sesuai
dengan materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.144 Ram r |
Keywords: | Rancangan Model Pendidikan Karakter Pembelajaran PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 May 2018 03:05 |
Last Modified: | 21 May 2018 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30378 |