HARAHAP, TRI ARSEPA (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6133311080 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 6133311080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 6133311080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM 6133311080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 6133311080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 6133311080 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 6133311080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 6133311080 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 6133311080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM 6133311080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 6133311080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar lari sprint melalui media audiovisual pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA NEGERI 11 Medan dengan jumlah siswa 34 orang, terdiri dari 14 orang siswa putra dan 20 orang siswa putri.
Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran lari sprint melalui media audiovisual, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (70). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi baik (82,5). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran lari sprint melalui media audiovisual, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (56,25 ). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (81,25). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan lari sprint maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (58,82%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (41,18%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 69,83%. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 30 siswa (88,24%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (11,76%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 78,9. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa melalui media audiovisual dapat memperbaiki hasil belajar lari sprint pada siswa kelas XI SMA NEGERI 11 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 070 |
Keywords: | AUDIOVISUAL, LARI SPRINT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 15 May 2018 14:32 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30346 |