Sipahutar, Yunita (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK NEGERI 1 PANGKATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172052 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM. 8156172052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8156172052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 8156172052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 8156172052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
6. NIM. 8156172052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM. 8156172052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 8156172052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
12. NIM. 8156172052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berbasis pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan
metakognisi dan kreatif siswa SMK Negeri 1 Pangkatan.Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model
pengembangan perangkat 4D menurut Thiagarajan yang telah dimodifikasi.
Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model
4-D yang telah dimodifikasi, dihasilkan perangkat pembelajaran berbasismasalah
yang valid. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari: (1) Rencana Perangkat
Pembelajaran (RPP); (2) Buku Siswa (BS); (3) Lembar Aktivitas Siswa (LAS);
(4) Tes Kemampuan Metakogisi (TKM); dan (5) TesKemampuanKreatifitas
(TKK) yang dapat dilihat pada lampiran. Keefektifan perangkat pembelajaran
berbasis PMR yang dikembangkan telah memenuhi criteria efektif ditunjukkan
oleh ketuntasan klasikal siswa terpenuhi, aktivitas aktif siswa dalam batas
toleransi yang ditetapkan, respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat
pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif.Peningkatan kemampuan
Metakognisi siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR yang
dikembangkan adalah rata-rata pencapaian kemampuan Metakognisi siswa pada
ujicoba I sebesar 73,68 meningkat menjadi 86,84 pada uji coba II dan rata-rata
setiap indikator kemampuan Metakogni sisiswa meningkat dari uji coba I keuji
coba II.Peningkatan kemampuan Kreatifitas matematik siswa menggunakan
perangkat pembelajaran berbasis PMR yang dikembangkan adalah rata-rata
pencapaian kemampuan Kreatifitas matematik siswa pada uji coba I sebesar 77,19
meningkat menjadi 81,57 pada uji coba II dan rata-rata setiap indikator
kemampuan Kreatifitas matematik siswa meningkat dari ujicoba I keuji coba
II.Proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari proses jawaban siswa
pada uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sip p |
Keywords: | pengembangan, perangkat pembelajaran,PMR,kemampuan metakognisi,kreatif matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2018 02:59 |
Last Modified: | 12 May 2018 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30337 |