MULIAMAN, AGUS (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORIENTASI EXE LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141001 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 8166141001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. NIM. 8166141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 8166141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5. NIM. 8166141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
6. NIM. 8166141001 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 8166141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 8166141001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 8166141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
13. NIM. 8166141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 8166141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorinetasi Macromedia Flash; 2) perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorientasi Macromedia Flash pada tingkat motivasi tinggi dan rendah; 3) Interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi terhadap hasil belajar; dan 4) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa FMIPA semester 1 yang mengikuti mata kuliah Konsep Dasar Kimia pada Tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pada 2 kelas regular yaitu Kimia dik C dan Matematika dik C. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, angket motivasi, dan lembar observasi kolaboratif lembar observasi sikap ilmiah . Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 24. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorinetasi Macromedia Flash (p = 0,003 < 0,05); 2) terdapat perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorientasi Macromedia Flash pada tingkat motivasi tinggi dan rendah (p = 0,000 < 0,05); 3) terdapat Interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi terhadap hasil belajar (p = 0,000 < 0,05); dan 4) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (p = 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning (PjBL); Kolaboratif, eXe Learning; Motivasi; Hasil Belajar; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 11 May 2018 16:41 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30328 |