TOGATOROP, FERNANDO (2018) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM; 5132111016COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM;5132111016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
3. NIM; 5123111016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM; 5132111016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5. NIM; 5132111016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM; 5132111016 TABLE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM; 5132111016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM; 5132111016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
9. NIM; 5132111016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13. NIM; 5132111016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM; 5132111016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh pemberian tugas dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Subjek penelitian ini adalah kelas XI Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 53 orang. Dengan menggunakan teknik total sampling yang terdiri dari dua kelas perlakuan. Untuk kelas XI TGB-1 yang berjumlah 26 orang diberikan tugas disertai resitasi dan kelas XI TGB-2 berjumlah 27 orang diberikan penugasan tanpa disertai resitasi. Adapun hasil penelitian ini diukur dengan instrument penelitian berupa job sheet gambar denah, potongan dan tampak sebuah bangunan rumah sederhana dengan menggunakan tabel penilaian keterampilan menggambar yang sama untuk kedua kelas perlakuan. Data dalam penelitian ini hipotesis dianalisis dengan uji T dengan taraf signifikan = 0,05. uji persyaratan normalitas menggunakan liliefors dan uji homogenitas dilakukan dengan uji varians.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diberikan tugas disertai resitasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diberikan penugasan tanpa disertai resitasi. Setelah diberikan perlakuan didapat data nilai rata-rata siswa yang diberikan tugas disertai resitasi adalah 85,30; dengan nilai terendah = 81 dan nilai tertinggi = 93. Sedangkan data nilai rata-rata siswa yang diberikan tugas tanpa disertai resitasi adalah 83,55; dengan nilai terendah = 80 dan nilai tertinggi = 90. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 2,316>1,989. Disimpulkan bahwa pemberian tugas dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswakelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1Percut Sei Tuan tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 023 |
Keywords: | Pemberian Tugas;Resitasi; Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 02 May 2018 15:16 |
Last Modified: | 14 Jan 2019 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30245 |