Nasution, Syahira Dana (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V-A SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 114331106_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 114331106_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 114331106_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4. NIM. 114331106_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 114331106_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 114331106_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 114331106_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 114331106_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 114331106_BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 114331106_BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. NIM. 114331106_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran IPA hendaknya melibatkan siswa aktif secara langsung dalam
pembelajaran agar pengetahuan IPA yang dipelajari akan terus diingat siswa
dan pembelajaran IPA menjadi menyenangkan yang berdampak langsung pada
motivasi dan hasil belajar siswa. Namun, berdasarkan hasil pengamatan peneliti
di kelas V-A SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018, guru kurang mampu
dalam menerapkan gaya belajar IPA yang mengajak siswa aktif dalam
pembelajaran. Model pembelajaran Inkuiri merupakan sebuah model yang dikira
mampu meningkatkan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana peningkatanaktivitas belajar siswa dengan model
pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
subjek seluruh siswa kelas V-A SD Negeri 101775 Sampali T.A 2017/2018 yang
berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah
dengan menggunakan pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa sekaligus
penyebaran angket aktivitas belajar kepada siswa.
Dengan melakukan pengamatan aktivitas belajar siswa, pada Siklus I
Pertemuan 1 terdapat 9 orang siswa yang aktif dengan persentase 32,26%. Pada
Siklus I Pertemuan 2 terdapat 16 orang siswa yang aktif dengan persentase
51,61%. Selanjutnya, terjadi peningkatan yang baik pada Siklus II Pertemuan 1
terdapat 25 orang siswa yang aktif dengan persentase 80,65% dan pada Siklus II
Pertemuan 2 menjadi 90,32% dengan banyak siswa yang aktif yaitu 28 orang
siswa. Sedangkan hasil penyebaran angket menunjukkan pada Siklus I, terdapat
16 orang siswa yang tergolong aktif dengan persentase 51,61%, lalu pada Siklus
II naik menjadi 28 orang siswa dengan persentase 90,32%. Dari hasil tersebut
maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 100 |
Keywords: | aktivitas belajar, mata pelajaran IPA, model pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 02 May 2018 11:41 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30235 |