Wandari, Yuli (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT HIKMATUL FADHILLAH MEDAN DENAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141113039_COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1141113039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. NIM. 1141113039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1141113039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 1141113039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1141113039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141113039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141113039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
9. NIM. 1141113039_BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
13. NIM. 1141113039_BAB V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. NIM. 1141113039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
15. NIM. 1141113039_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan media gambar terhadap emosi anak usia 5-6 tahun di TKIT Hikmatul Fadhillah Medan Denai T.A 2017/2018 Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan emosi anak dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul dilapangan mengenai emosi anak yang belum berkembang sesuai harapan dan guru belum kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian only-Posstest control grup design yang termasuk
jenis penelitian eksperimen. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 anak. Variabel bebas adalah media gambar sedangkan variabel terikat adalah emosi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata anak kelas ekperimen yang menggunakan media gambar 2,63 tergolong dalam kategori baik sekali.Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar yaitu 1,89 tergolong dalam kategori baik. Terlihat emosi anak kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil observasi akhir kedua sampel tersebut diperoleh selisih skor sebesar 0,74, maka data hasil observasi yang
diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara emosi anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis diperoleh > (6,47>1,705) dengan taraf α= 0,05. Dengan demikian penggunaan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap emosi anak usia 5-6 tahun di TKIT Hikmatul Fadhillah Medan Denai T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 012 |
Keywords: | Emosi, Media Gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 16:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30212 |