SIREGAR, JULYA SYAHLENI (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN 104214 DELI TUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111046_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1141111046_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 1141111046_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1141111046_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1141111046_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1141111046_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1141111046_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111046_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111046_BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. NIM. 1141111046_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1141111046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1141111046_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 104214 Deli Tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa
kelas II SDN 104214 Deli Tua T.A 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di Deli Tua dengan populasi sebanyak 40 orang dan sampel dengan responden 40 responden.Teknik penelitian sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan
instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan media visual dan hasil belajar siswa adalah angket dan dokumentasi nilai siswa. Untuk tes uji validitas
media visual dan hasil belajar siswa menggunakan teknik product momen dengan hasil 30 butir soal dinyatakan valid untuk media visual dan 9 butir dinyatakan valid untuk hasil belajar siswa, sedangkan reabilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 0,922 untuk media visual dan 0,592 untuk hasil belajar siswa pada taraf signifikan 95 % dan 5 %.Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment sedangkan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan
bahwa ttabel pada taraf signifikan 5 % sebesar 0,312 sedangkan rhitung 0,980 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar
dari rtabel pada taraf signifikan 5 %. Sedangkan hipotesis dengan uji t diperoleh rhitung sebesar 33,957 dan rtabel 0,312. Untuk mengetahui besar konstibusi variabel
X dan Y digunakan rumus r2 x 100 % atau (33,957)2 sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media visual memiliki hubungan sebesar 5,79% dengan hasil belajar siswa yang berarti Ha diterima danHo ditolak yang artinya terdapat
hubungan positif yang signifikan penggunaan media visual terhadap hasil belajara siswa kelas II SDN 104214 Deli Tua.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual akan berdampak pada hasil belajar siswa. Semakin baik media visual yang diterapkan guru di kelas maka semakin baik pula hasil belajar siswa kelas II SDN 104214 Deli Tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 086 |
Keywords: | PENGGUNAAN MEDIA VISUAL, HASIL BELAJAR, SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 10:53 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30208 |