SANTRI, PUTRI NIZA (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MAM) DENGAN MODEL INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA KEGIATANKU KELAS I SDN 101801 KEDAI DURIAN KEC. DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111065_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1141111065_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 1141111065_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 1141111065_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 1141111065_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1141111065_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111065_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111065_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 1141111065_BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM. 1141111065_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 1141111065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui seberapa besar perbedaan efektivitas model pembelajaran Make A Match dengan Index Card Match terhadap hasil belajar tematik tema Kegiatanku di Kelas I SDN 101801 Kedai Durian Kec. Deli Tua, (2) mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar tematik tema Kegaiatanku di kelas I SDN 101801 Kedai Durian Kec. Deli Tua, (3) Mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar tematik tema Kegaiatanku di kelas I SDN 101801 Kedai Durian Kec. Deli Tua. Jadi penelitian berupa eksperimen dengan desain berupa Quasi
Eksperimen yang berbentuk Nonequivalent Multiple Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Deli Tua T.A 2017/2018 yang terdiri dari 112 orang siswa yang terdiri atas empat kelas, yaitu kelas A,B,C, dan D. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas I-B dan I-C dengan rincian kelas I-B sebanyak 27 orang siswa dan kelas I-C sebanyak 28 orang siswa. Kelas tersebut
sama-sama dijadikan sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas model
pembelajaran Make A Match (MAM) dengan model Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar tematik tema Kegiatanku siswa diperoleh dalam kelas eksperimen 1 dengan rata-rata pre-test =79,24, dan standar deviasi (SD) = 9,93. Sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh hasil pre-test = 78,24 dan standar deviasi (SD) = 10,16. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dengan rata-rata posttest= 84,82 dan standar deviasi (SD) = 10,54, untuk kelas eksperimen 2 dengan
rata-rata post-test=81,02 dan standar deviasi (SD)=11,69. Pada uji normalitas di kelas ekksperimen pertama nilai Lo = 1,30 < nilai Ltabel = 1,73 sedangkan kelas eksperimen kedua nilai Lo = 1,41 < nilai Ltabel = 1,73 dimana kedua kelas
berdistribusi normal. Pada uji homogenitas di kelas eksperimen pertama nilai Fhitung = 1,22 < Ftabel = 1,84 dan dikelas eksperimen kedua nilai Fhitung = 1,22 < Ftabel = 1,90 (homogen). Uji hipotesis didapatkan thitung = 5,94> ttabel = 1,67. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwaa efektivitas model pembelajaran Make A Match (MAM) lebih baik daripada model Index Card Match (ICM) terhadap hasil belajar tematik tema Kegiatanku kelas I SDN 101801
Kedai Durian Kec. Deli Tua T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 094 |
Keywords: | Hasil Belajar, Make A Match (Mam), Index Card Match (Icm) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 15:40 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30170 |