Daulay, Arfiah Nur (2018) HUBUNGAN MINAT BACA ANAK DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111010_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1141111010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM. 1141111010_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4. NIM. 1141111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1141111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM. 1141111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 1141111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1141111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111010_BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 1141111010_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1141111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini tentang Hubungan Minat Baca Anak di Perpustakaan Sekolah
Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut
Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan minat baca di perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.
Hipotetis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara minat baca di perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa
kelas V SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Tahun Ajaran
2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif
dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan
tekhnik korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam
penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dan
dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 orang. Penetapan sampel
penelitian ini sebanyak 63 orang dengan tekhnik pengambilan sampel yaitu total
sampling dimana seluruh jumlah dari populasi dijadikan sampel.
Selanjutnya analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh
koefisien korelasi = 0,381 dengan = 0,248 pada taraf kepercayaan
95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,381 > 0,248 atau nilai lebih besar
daripada nilai maka minat membaca diperpustakaan memiliki hubungan
yang positif dengan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui signifikan hubungan
minat membaca di sekolah dengan hasil belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari
uji tersebut diperoleh = 3,216 dengan = 1,669 pada taraf kepercayaan
95% dan alpha 5%. Dengan demikian 3,261 > 1,669 atau nilai lebih besar
daripada nilai sehingga dapat dikatakan signifikan.
Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
hipotetis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang posistif dan signifikan
antara minat baca di perpustakaan dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri
104208 Cinta Rakyat Percut Se Tuan Tahun Ajaran 2017/2018.” dapat diterima.
Dimana semakin tinggi minat membaca di perpustakaan sekolah maka semakin
tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 089 |
Keywords: | minat membaca, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 14:04 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30148 |