PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 4 SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018

Sitompul, Rukiyah (2018) PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 4 SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111074_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111074_COVER.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111074_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111074_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111074_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111074_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111074_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111074_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111074_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111074_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111074_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111074_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111074_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111074_BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111074_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111074_BAB V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111074_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar tematik tema 4 siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar
Setia T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan nonequivalent multiple group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-a dan V-b yang berjumlah 72 siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian
strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe student team achievement division. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis satu pihak dan dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe student team achievement division terhadap hasil belajar tematik tema 4 siswa diperoleh dalam kelas eksperimen 1dengan rata-rata pre-test = 62,222, dan standar deviasi (SD) = 6,30. Sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh hasil pre-test = 61,667 dan standar deviasi (SD) = 6,15. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dengan rata-rata posttest=
81,9 dan standar deviasi (SD) = 10,53, untuk kelas eksperimen 2 dengan ratarata post-test=74,1 dan standar deviasi (SD)=11,80 dengan demikian pemberian strategi pembelajaran tipe student team achievement division lebih meningkat dibandingkan dengan tipe jigsaw dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa lebih meningkat. Kemudian pada penelitian ini dihasilkan uji normalitas post-test eskperimen 1 menghasilkan = 0,129 dengan = 0,147, untuk eskperimen 2 menghasilkan = 0,08389 dengan = 0,147. Pada pengujian homogenitas menghasilkan = 1,25 dan = 1,76 sehingga data tersebut dikatakan homogen, pada pengujian hipotesis untuk kemampuan akhir ( posttest) dengan uji t satu pihak menghasilkan = 2,96 dengan = 1,994 pada taraf signifikan 0,05, disimpulkan > sehingga dapat dikatakan signifikansi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division mempunyai kontribusi terhadap hasil belajar tematik tema 4 siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia. Maka disimpulkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan student team achievement division lebih tinggi dibandingkan dengan tipe jigsaw

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 080
Keywords: hasil belajar, strategi koopertif tipe jigsaw, tipe stad
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 25 Apr 2018 10:23
Last Modified: 18 Feb 2019 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30134

Actions (login required)

View Item
View Item