Sitompul, Rukiyah (2018) PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA 4 SISWA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111074_COVER.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2. NIM. 1141111074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM. 1141111074_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM. 1141111074_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 1141111074_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 1141111074_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 1141111074_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 1141111074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM. 1141111074_BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 1141111074_BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 1141111074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar tematik tema 4 siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar
Setia T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan nonequivalent multiple group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-a dan V-b yang berjumlah 72 siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian
strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe student team achievement division. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis satu pihak dan dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe student team achievement division terhadap hasil belajar tematik tema 4 siswa diperoleh dalam kelas eksperimen 1dengan rata-rata pre-test = 62,222, dan standar deviasi (SD) = 6,30. Sedangkan kelas eksperimen 2 memperoleh hasil pre-test = 61,667 dan standar deviasi (SD) = 6,15. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dengan rata-rata posttest=
81,9 dan standar deviasi (SD) = 10,53, untuk kelas eksperimen 2 dengan ratarata post-test=74,1 dan standar deviasi (SD)=11,80 dengan demikian pemberian strategi pembelajaran tipe student team achievement division lebih meningkat dibandingkan dengan tipe jigsaw dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa lebih meningkat. Kemudian pada penelitian ini dihasilkan uji normalitas post-test eskperimen 1 menghasilkan = 0,129 dengan = 0,147, untuk eskperimen 2 menghasilkan = 0,08389 dengan = 0,147. Pada pengujian homogenitas menghasilkan = 1,25 dan = 1,76 sehingga data tersebut dikatakan homogen, pada pengujian hipotesis untuk kemampuan akhir ( posttest) dengan uji t satu pihak menghasilkan = 2,96 dengan = 1,994 pada taraf signifikan 0,05, disimpulkan > sehingga dapat dikatakan signifikansi strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division mempunyai kontribusi terhadap hasil belajar tematik tema 4 siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia. Maka disimpulkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan student team achievement division lebih tinggi dibandingkan dengan tipe jigsaw
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 080 |
Keywords: | hasil belajar, strategi koopertif tipe jigsaw, tipe stad |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 10:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30134 |