S., Monalisa Frince (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASIS PEMBELAJARAN LITERASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192019 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2.NIM 8156192019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. NIM 8156192019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM 8156192019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM 8156192019 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM 8156192019 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM 8156192019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8. NIM 8156192019 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 8156192019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM 8156192019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM 8156192019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan pengembangan bahan
ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi, (2) kelayakan
bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi, (3)
keefektifan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran
literasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean Simalungun. Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model
pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain,
guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Raya Kahean Simalungun. Data
tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis teks
prosedur kompleks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi materi
meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 94,53% pada kriteria sangat baik,
kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, kelayakan
bahasa dengan rata-rata 93,26% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain
dengan rata-rata 89,58% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan
rata-rata 84,16% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan
rata-rata 91,11% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan
terbatas dengan rata-rata 94,02% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan
bahan ajar menunjukkan presentasi posttest sebesar 80,28% lebih tinggi
dibandingkan presentasi pretest sebesar 70,14. Dengan demikian, modul menulis
teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi yang telah dikembangkan
layak dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Teks Prosedur Kompleks, Pembelajaran Literasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:59 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30101 |