Azhar, Khairul (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 1 PP KUALUH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126121025 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8126121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
3. NIM. 8126121025 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4. NIM. 8126121025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8126121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 8126121025 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 8126121025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 8126121025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
12. NIM. 8126121025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 8126121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar siswa yang
diajar dengan staretegi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dari siswa dengan
strategi pembelajaran kompetitif, (2) perbedaan hasil belajar PAI kelompok siswa
yang komunikasi interpersonal lebih tinggi dari pada siswa dengan komunikasi
interpersonal rendah(3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan hasil
komunikasi interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 orang yang berasal
dari siswa SMK I PP Kualuh Hulu. Sedangkan sampel yang diambil dengan
menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih
dahulu sampel penelitian diberikan angket komunikasi interpersonal. Tes hasil
belajar yang digunakan terlebih dahulu diuji cobakan untuk mengetahui tingkat
validitas tes dan reliabiitas tes. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini
adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial.
Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya
terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan
uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar PAI siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi daripada siswa
yang dibelajarkan dengan strategi kompetitif Berdasarkan perhitungan Anava
diperoleh F hitung 21,098 sedangkan nilai F tabel 3,97 sehingga Ho ditolak (2)
hasil belajar PAI siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi
dari pada siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah berdasarkan
perhitungan anava diperoleh F hitung 7,426 sedangkan nilai F tabel 3,97 untuk dk
(1,73) dan taraf nyata 5%, ternyata nilai F hitung 7,426 > Ftabel 3,97 sehingga Ho
ditolak. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi
interpersonal terhadap hasil belajar PAI siswa Berdasarkan perhitungan Anava
diperoleh F hitung 10,467 sedangkan F tabel 3,97 untuk dk (1,73) dengan taraf
nyata 5%, ternyata nilai F hitung 10,467 > F tabel 3,97 sehingga Ho ditolak. Hasil
penelitian ini diharapkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam
mengaplikasikan staretegi pembelajaran kolaboratif dan kompetitif yang tepat
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan
strategi pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar
dan kecerdasan interpersonal siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil
belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:59 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30099 |