PADANG, ANTO (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 030413 SALAK. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8156182049 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2 NIM 8156182049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3 NIM 8156182049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4 NIM 8156182049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5 NIM 8156182049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6 NIM 8156182049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7 NIM 8156182049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8 NIM 8156182049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9 NIM 8156182049 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13 NIM 8156182049 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14 NIM 8156182049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasari oleh respon siswa dalam pembelajaran kurang baik,
pembelajaran yang dilakukan tidak dikaitkan dengan kehidupan keseharian siswa,
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kurang maksimal, dan belum
tersedianya sumber dan media pembelajaran dalam bentuk modul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan guru mengelola
pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berupa modul Pendekatan
Pembelajaran Kontekstual yang praktis Kelas V SD Negeri 030413 Salak, (2)
Respon positip siswa dalam menggunakan perangkat pembelajaran berupa modul
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Kelas V SD Negeri 030413 Salak yang
valid, (3) Hasil belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran berupa modul
menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Kelas V SD Negeri 030413
Salak. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan penelitian dan
pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri
030413 Salak dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah Modul PKn V1 32
orang siswa SD Negeri 030413 Salak. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Angket Respon siswa; (3)
Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru mengelola pembelajaran
menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang dikembangkan
pada ujicoba berada pada kriteria baik,; (2) Pada penelitian pengembangan ini
dihasilkan modul dan perangkat pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual
yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri dari: (a)
rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) modul, dan (c) tes hasil belajar.; (3)
Tingkat kepraktisan modul dan perangkat pembelajaran termasuk kategori baik.
Ahli dan praktisi menyatakan bahwa modul beserta perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Guru dan siswa dapat
menggunakan perangkat pembelajaran ini dalam pembelajaran dengan sangat
baik; (4) Pengembangan modul beserta perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria efektif. Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran
positif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 96.88.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, HASIL BELAJAR, PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN RESPON SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:59 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30091 |