PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 8 MEDAN

LUBIS, NURANISAH (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146171062 Cover Tesis.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146171062 Cover Tesis.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146171062 Lembar Pengesahan Tesis.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146171062 Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146171062 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146171062 Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146171062 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146171062 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146271062 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146271062 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146171062 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146171062 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146171062 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146171062 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146171062 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146171062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146171062 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146171062 Bab I.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146171062 Bab V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146171062 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 8146171062 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14 NIM 8146171062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan kemampuan awal matematik (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan kemampuan awal matematis (KAM) siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan TP. 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metakognitif dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) test kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada peningkatan kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pembelajaran Metakognitif, Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:57
Last Modified: 19 Feb 2019 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30087

Actions (login required)

View Item
View Item