LUBIS, NURANISAH (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIK SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SMP NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171062 Cover Tesis.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 8146171062 Lembar Pengesahan Tesis.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8146171062 Abstrak.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 8146171062 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM 8146271062 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. NIM 8146171062 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 8146171062 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 8146171062 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM 8146171062 Bab I.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
13. NIM 8146171062 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14 NIM 8146171062 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Apakah peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran metakognitif lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan kemampuan awal matematik (KAM) siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran metakognitif dengan kemampuan awal matematis (KAM) siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Medan TP. 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran metakognitif dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) test kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) angket kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada peningkatan kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Metakognitif, Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:57 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30087 |