Lubis, Umu Hafizah Huaida (2010) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DI KELAS IV SD NEGERI 165716 TEBING TINGGI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111085_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1141111085_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3. NIM. 1141111085_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1141111085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1141111085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 1141111085_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1141111085_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1141111085_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 1141111085_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1141111085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada
pelajaran IPA pokok bahasan Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit di
kelas IV Negeri 165716 Tebing Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model Bamboo Dancing dan
untuk mengetahui apakah model Bamboo Dancing dapat meningkatkan minat
belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 165716 Tebing Tinggi
tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 25 orang siswa yang terdiri siswa
perempuan 13 orang dan laki-laki 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Angket.
Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian pelaksanaan pada kondisi awal dari jumlah 25 siswa dengan
menggunakan angket memperoleh nilai rata-rata 58,08% dengan kriteria siswa
yang berminat 24% atau sebanyak 6 siswa dari 25 siswa dan kriteria siswa yang
tidak berminat 76% atau sebanyak 19 siswa dari 25 siswa. Pada siklus I setelah
dilakukan tindakan dengan menggunakan model Bamboo Dancing perolehan
angket mendapatkan nilai rata-rata 71,16% dengan kriteria yang berminat 52%
atau sebanyak 13 siswa dari 25 siswa dan kriteria yang tidak berminat 48% atau
sebanyak 12 siswa dari 25 siswa. Pada siklus II perolehan angket mendapatkan
nilai rata-rata 87,16% dengan kriteria siswa yang berminat 100% atau sebanyak
25 siswa dari 25 siswa dan kriteria siswa yang tidak berminat 0% . Hasil observasi
siswa secara keseluruhan pada siklus I pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai
rata-rata 56,92%. Pada siklus I pada pertemuan II diperoleh 67,36% .Pada siklus
II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 79%. Pada siklus II pertemuan II nilai ratarata
81,36%
Dengan demikian, berdasarkan hipotesis yang diuji, berbunyi : Terdapat
peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan
model pembelajaran bamboo dancing , hal tersebut dapat di buktikan dari hasil
angket minat belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 87,16% , sehingga
penelitian dikatan berhasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 078 |
Keywords: | Minat, Belajar, Model Pembelajaran Bamboo Dancing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:50 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30073 |