PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Zalukhu, Marison Rianus (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188210007 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188210007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210007 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188210007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210007 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188210007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210007 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188210007 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210007 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188210007 Bab V.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188210007 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188210007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Kewirausahaan siswayang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi dibandingkan dengan siswa yangdiajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (2) hasil belajar Kewirausahaan siswayang memiliki motif berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki motifberprestasi rendah; (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan motifberprestasi siswa terhadap basil belajar Kewirausahaan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten DeliSerdang pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Populasi berjumlah 71 orang.Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 47 orangyang terdiri dan 23 orang kelas IIMP2 diajarkan strategi pembelajaran elaborasi dan 24orang kelas II MP3 diajarkan strategi pembelajaran ekspositori. Tes motif berprestasidilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai motif berprestasi tinggi danmotif berprestasi rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimendengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptifuntuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakanANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji nornalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Kewirausahaan siswa yangdiajarkan dengan strategi pembelajaran elaborasi lebih baik dari pada hasil belajarKewirausahaan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, denganFhitung = 11,187 > Ftabej = 4,06 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) hasil belajarKewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih baik dan pada hasilbelajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah, dengan Fhitung4,577 > Fri = 4,06 pada taraf signifikan a = 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategipembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa,dengan Fhitung = 8.542 > Ftabel = 4,06 pada taraf signifikan a = 0,05. Hipotesis inimenunjukkan bahwa strategi pembelajaran elaborasi lebih tepat daripacia strategipembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan siswa, dansiswa yang memiliki motif berprestasi tinggi akan memperoleh basil yang lebih baik daripada siswa yang memiliki motif berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.23 Zal p
Keywords: Belajar Siswa; Pembelajaran; Prestasi Belajar; Pelatihan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 May 2016 19:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item
View Item