Epalen, Nopia (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASISI PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156191010 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2. NIM 8156191010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. NIM 8156191010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 8156191010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM 8156191010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 8156191010 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM 8156191010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 8156191010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 8156191010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM 8156191010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
14. NIM 8156191010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis peta pikiran pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 87,5% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 85,57% pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,41% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 86,03% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 71,11% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 83,15% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 86,04% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks prosedur kompleks siswa sebelum menggunakan modul sebesar 71,09% sedangkan hasil belajar tes menulis teks prosedur kompleks siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 86,71%. Selisih yang diperoleh sebesar 15,62 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks prosedur kompleks yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis peta pikiran. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi teks prosedur kompleks sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Modul, Teks,Peta Pikiran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 15:03 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30031 |