Siahaan, Jumintan (2009) KEBERHASILAN SISWA SMA BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER DAN PETA KONSEP. Masters thesis, UNIMED.
1500071188410009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
1500071188410009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
1500071188410009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
1500071188410009 Bab I.pdf - Published Version
Download (757kB) | Preview
1500071188410009 Bab V.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
1500071188410009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan basil belajar
kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ST AD dan
konveosional. 2) perbedaan basil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan
model pembelajaran STAD dengan media peta koosep dan konveosional. 3)
perbedaan basil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
STAD dengan media komputer dan konvensiooal. 4) perbedaan basil belajar
~ sjswa ~g diqjarkan dmgM model ~belajaran STAO dengan
gabungan media peta konsep dengan komputer dan konvensiooal. 5) pengaruh
model pembelajaran k.ooperatif tipe ST AD, media peta konsep, dan media
komputer terbadap basil beJajar siswa. Penetitian ini diJakukan di SMA Negeri
3 Pematangsiantar Propinsi Sumatera Utara, menggWl8kan metode eksperimen
deogan disain faktorial 4 X 1 dan sampel betjumlah ISS orang siswa yang
pcngambilarmya dihilrubri dengan cluster random sampling.
Instrumen penelitian basil belajar kimia menggunakan tes piliban gaoda
dengan 5 pilihaojawaban (a, b, c, d and e) dan betjumlah 30 butir. Uji Validasi
tes dilalrulcan dengan bantuan anatest dan memiliki reliabilitas 0,713. Uji
persyaratan analisis menggtmakan uji Kolmogorov-smimov untuk uji
nonnalitas sedangkan untuk uji homogenitas sampel menggunakan uji Levene.
Telrnik analisis data menggunakan uji anava satu jalur, uji T dan uji Chi lruadrat.
Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah l.)Terdapat perbedaan
yang signifikan basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model
pembelajaran ST AD tanpa media dan siswa yang diajar dengan model
konvensional. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan basil belajar kimia siswa
yang diajar dengan model pembelajaran ST AD deogan peta konsep dan siswa
yang diajar dengan model konvensiooal. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan
basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran ST AD dengan
media komputer dan siswa yang diajar dengan model konvensiooal. 4) Terdapat
perbedaan yang signifikan basil belajar kimia siswa yang diajar dengan model
pembelajaran ST AD dengan gabungan media peta konsep dan komputer dan
siswa yang diajar dengan model konveosional. Semua perbedaan ini ditunjukkan
dari nilai proporsi p (Sig.) (2-tailed) = 0,000 < 0,05). ( 5) Tenlapat pengaruh
positip model pembelajaran kooperatif tipe ST AD, media peta konsep dan
media komputer terbadap peningkatan basil belajar kimia siswa. 6) Penggunaan
media peta konsep dan media komputer melalui model pembelajaran kooperatif
tipe ST AD berasosiasi pengaruh positif dari kedua media tersebut terbadap
keberbasilan siswa kimia belajar kimia pada pokok babasan Koloid.
· Implikasi dari basil penelitian ini adalah penggw18811 model
pembelajaran ST AD dengan tanpa media maupun dengan media peta konsep dan media komputer akan meningkatkan perolehan basil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sia k |
Keywords: | belajar; siswa; kelas; model; kimia; komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 18:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3003 |