Gulo, Aguswati (2009) PENERAPAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FUNGSI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Masters thesis, UNIMED.
150007118830002 abstrak.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
150007118830002 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
150007118830002 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
150007118830002 Bab V.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
Abstract
Menyadari pentingnya peranan matematika dalam segala ilmu pengetahuan dewasa ini, guru perlu membekali siswa keterampilan yang dapat menjawab permasalahan yang ads. Kenyataan bahwa pembelajaran yang dilaksanalcan guru di seicolah masas bersifin tradisional dimana siswa jarang di beri kesempatan untuk meoanukan/mengkaistmksi sendiri konsep-konsep atau pengetahuan rnatemanicanya wears formal.Penelitian ini berkenaan dengan penerapan pembelajaran stratcgi REACT dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa pada materi fungsi, bertujuan untuk mcngetahui bagairnalla (a) proses pembelajaran dengan penerapan strategi REACT pada materi fungsi, (b) respon dan keaktifan siswa terhadap strategi pembelajaran REACT, (c) kemampuan pemahaman siswa dengan menggunakan strategi REACT. finis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan matggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada SMA Negeri I Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.IS-2 SMA Negeri I Kutapanjang (sebanyak 32 siswa). Data penelitian diperoleh dari basil tes, basil wawancara, catatan lapangan, basil observasi dan angkct tentang respon siswa.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilalcsanakan dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan saw kali pertemuan, setiap pertemuan 90 menit. Hasa penelitian dapat disimpulkan bahwa: (a) Pengelompolckansiswa wears heterogen berdasarkan kemampuan akademik dapatmeningkatkan pemahaman siswa pada materi fungsi, (b) Respon siswa terhadap pembelajaran mated fungsi dengan strategi REACT sangat positif dan siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran fungsi dengan strategi REACT, selain siswa dapat memperoleh kemampuan pemahaman yang baik seats dapat mengaitkan pengetahuannya dengan materi matematika yang lain, (c) Pembelajaran dengan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi fungsi, dari basil pelaksanaan siklus I dengan persentase rata-rata perokhan skor 74,55%, dan siklus II dengan persentase rata-rata perolehan skor 82,37% atau persentase rata-rata skor dari kedua siklus adalah 78,63%Berdasarkan simpulan diatas make disarankan bagi guru matematika: (a) agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan strategi REACT, (b) jika mencrapkan pembelajaran REACT heodaknya menyediakan LAS yang memuat komponen REACT untuk dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, (c) Pembelajaran dengan strategi REACT memerlukan pengelolaan yang lebih kompleks, (d) yang benninat mengadakan penelitian tindakan, diharapkan mengembangkan penggunaan strategi REACT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515.707 1 Gul p |
Keywords: | Model;Senior High Schools;Materi; SiswaFunctional Analysis;Pemahaman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 18:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3001 |