Rambe, Chairun Nisyah (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101771 PASAR 3 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111020_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1141111020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM. 1141111020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1141111020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1141111020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1141111020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1141111020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1141111020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1141111020_BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM. 1141111020_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 1141111020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran IPS dengan materi pokok Proklamasi Kemerdekaan. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajara IPS dengan
materi pokok Proklamasi Kemerdekaan.
Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini
terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 2 kali
pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vb SDN 101771 Pasar 3
Tembung Kecamatan Percut Sei yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari
34 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini
adalah penggunaan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar observasi. Adapun yang di analasis dalam lembar
observasi adalah aktivitas belajar mengajar siswa dan guru selama proses
pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan hasil aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan pada setiap pertemuan secara keseluruhan. Setelah
diterapkan siklus I Pertemuan I dengan model Role Playing nilai rata-rata aktivitas
belajar siswa yaitu 57,40 masuk kategori sedang meningkat menjadi nilai 67,32
masuk kategori tinggi pada pertemuan II dengan persentasi kategori rendah 0%
tidak ada siswa yang masuk kedalam kategori rendah, kategori sedang sebanyak 6
orang siswa besar persentasi 15% kategori tinggi sebanyak 29 orang besar
persentasi 72,5 % dan kategori sangat tinggi sebesar 12,5% sebanyak 5 orang
siswa. Dan setelah dilakukan siklus II pertemuan I rata-rata nilai 80.89 masuk
kategori sangat tinggi meningkat menjadi nilai 89.64 masuk kategori sangat tinggi
pada pertemuan II dengan masing masing kategori rendah dan sedang sebesar 0%
, kategori tinggi sebanyak 2 orang siswa 5% dan kategori sangat tinggi sebesar
95% sebanyak 38 orang siswa.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar
siswa meningkat jika diterapkan model pembelajaran Role Playing pada mata
pelajaran IPS materi pokok proklamasi kemerdekaan di kelas Vb SDN 101771
Pasar 3 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan. Disarankan agar guru
menggunakan model pembelajaran Role Playing dalam proses belajar mengajar
khususnya pada materi prolamasi kemerdekaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ram p |
Keywords: | Model Pembelajaran Role Playing, Aktivitas Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 09:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29973 |