Barus, Nurdaliana (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SD ISLAM PERMATA AMANDA KECAMATAN MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182035 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 8156182035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM. 8156182035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8156182035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 8156182035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 8156182035 TABLE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8156182035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156782035 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8156182035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
13. NIM.8156182035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM.8156182035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis proyek
yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian adalah penelitian
pengembangan dengan model 4-D. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD
Islam Permata amanda Medan Marelan kelas IV. Sedangkan objek dalam
penelitian adalah Lembar Kerja Siswa berbasis proyek.Instrumen yang digunakan
terdiri dari lembar validasi Lembar Kerja Siswa, lembar validasi tes hasil belajar,
tes hasil belajar dan angket respon siswa.Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi
dan bahasa menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di
lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaran
menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa
revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan
efektif. Hal tersebut berdasarkan: persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu
89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; ketercapaian tujuan pembelajaran
(TPK) tercapai; respon siswa positif; dan presentase waktu belajar efektif. Tingkat
keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa
berdasarkan gain score adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.307 1 Bar p |
Keywords: | lembar kerja siswa, proyek, model pengembangan 4-D, hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 02:15 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29926 |