Munir (2017) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP GURU BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI DI KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. Nim. 8146132051 Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. Nim. 8146132051 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. Nim. 8146132051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. Nim. 8146132051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. Nim. 8146132051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. Nim. 8146132051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. Nim. 8146132051 Dafta Gambar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. Nim. 8146132051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9. Nim. 8146132051 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
13. Nim. 8146132051 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. Nim. 8146132051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan,
tindak lanjut supervisi akademik, dan kendala yang dialami oleh pengawas dan
kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik terhadap guru bimbingan
konseling SMA Negeri di Kota Langsa. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang
korwas, 1 orang pengawas, 5 orang kepala sekolah, dan 5 orang guru bimbingan
konseling, menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriftif. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawan cara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang terlaksananya implementasi
supervisi akademik terhadap guru bimbingan konseling SMA Negeri di Kota
Langsa, hal ini dapat dilihat dari supervsi yang dilaksanakan oleh pengawas
sekolah memiliki kekurang sebagai berikut: (1) Perencanaan belum memiliki
kelengkapan dokumentasi seperti daftar sekolah, daftar guru binaan, jadwal
kegiatan supervisi. (2) Pelaksanaanbelum memiliki kelengkap dokumentasi
meliputiinstrumen supervisidanlaporan supervisi. (3) Tindak lanjut supervisi
belum memiliki catatan perkembangan guru. (4) Kendala-kendala yang terjadi,
pengawas belum mengikuti pelatihan, guru tidak berada disekolah pada saat
supervisi, pelaksanaan supervisi tidak sesuai dengan jadwal, pihak dinas
pendidikan kurang memperhatikan peningkatan kopetensi pengawas, dan
kurangnya jumlah guru bimbingan konseling tingkat SMA di Kota Langsa.
Selanjutnya,supervis akademik oleh kepala sekolah sekolah juga memiliki
kekurangan meliputi: (1) Perencanaan tidak dilengkapi dengan dokumen daftar
guru binaan, daftar kegiatan dan jadwalsupervisi. (2) Pelaksanaan tidak memiliki
kelengkap dokumen perencanaan, teknik/metode, instrumen supervsi, dan laporan
supervisi. (3) Tindak lanjut belum dilaksanakan oleh kepala sekolah. (4) Kendalakendala yang terjadi yaitu kompetensi kepala sekolah, belum mendapatkan
pelatihan, jadwal supervise dan tidak mendapatkan respon dari pihak dinas
pendidikan Kota Langsa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Mun i |
Keywords: | Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Bimbingan Konseling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology > LC213 Educational equalization. Right to education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 01:48 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29922 |