Aprinda, Dinda (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 101874 TUMPATAN NIBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111027_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1141111027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
3. NIM. 1141111027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 1141111027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1141111027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1141111027_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1141111027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1141111027_BAB I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
14. NIM. 1141111027_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
15. NIM. 1141111027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendanhya hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada
mata pelajaran IPS materi pokok globalisasi di kelas VI SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu, perencanaan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 101874 yang berjumlah 35 siswa, 15 laki-laki dan 20 perempuan. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Dari hasil temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil test awal (pretest) siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar rendah dengan nilai rata-rata yaitu 59,28 dengan persentase ketuntasan klasikal 22,86%. Setelah dilakukan siklus I terjadi peningkatan dimana siswa yang memperoleh nilai ≥ 66 atau tuntas sebanyak 20 siswa (57,14%) dan siswa yang mencapai nilai ≤ 66 atau tidak tuntas sebanyak 15 siswa (42,86%). Rata-rata perolehan hasil atau nilai belajar sebesar 70. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai 57,14%. Hal ini membuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belum mencapai tingkat keberhasilan belajar (ketuntasan klasikal) karena masih di bawah 85%. Dari hasil penelitian dengan pelaksanaan siklus II dapat diketahui bahwa 33 siswa (94,29%) tuntas, dan 2 siswa (5,71%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 83,57. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai
94,29% yang berarti bahwa hasil belajar klasikal telah tuntas (≥ 85%). Pada siklus I aktivitas mengajar guru tergolong kategori sangat baik dengan persentase ratarata
pada pertemuan pertama dan kedua siklus I adalah 95,83%, dan pada siklus II aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua siklus II adalah 99,16% dengan kategori
sangat baik. Pada siklus I aktivitas belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor tergolong dalam kategori cukup dengan persentase rata-rata pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua siklus I adalah 62,13% sedangkan pada
siklus II aktivitas belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotor mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua siklus II adalah 82,26% dengan kategori baik.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok globalisasi di kelas VI SD Negeri 101874 Tumpatan Nibung Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 062 |
Keywords: | Hasil Belajar, Cooperative Script |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 11:43 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29914 |