RAMADHANI, SRI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 066041 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156182042 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2 NIM. 8156182042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
3 NIM. 8156182042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4 NIM. 8156182042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5 NIM. 8156182042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6 NIM. 8156182042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7 NIM. 8156182042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM. 8156182042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9 NIM. 8156182042 BAB I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
13 NIM. 8156182042 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14 NIM. 8156182042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) pengaruh
keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan yang dajarkan
dengan model pembelajaran sinektik dan CTL, (2) pengaruh keterampilam
menulis puisi siswa kelas V SDN 066041 Medan yang memiliki penguasaan
kosakata tinggi dan kosakata rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran dan
penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN
066041 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 066041
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 123 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah dengan cluster sampling yaitu kelas V-1 dan kelas V-4. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi
eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data
digunakan tes. Tes keterampilan menulis puisi digunakan tes menulis puisi dan tes
penguasaan kosakata menggunakan pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian
yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian
hipotesis membuktikan bahwa skor rata-rata Kemampuan Menulis Puisi yang
diajarkan dengan Sinektik adalah 35,433. Hasil ini membuktikan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa
kelas V SDN 066041 Medan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran sinektik sangat membantu siswa menulis puisi dengan
pengembangan kreativitas siswa melalui analogi. Temuan penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang diajarkan dengan
model pembelajaran Sinektik dan CTL pada siswa kelas V SDN 066041
Medan,(2) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang memiliki
penguasaan kosakata tinggi dan kosakata rendah pada siswa kelas V SDN 066041
Medan, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran sinektik dan
penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN
066041 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Ram p |
Keywords: | Sinektik, CTL, Penguasaan Kosakata, Keterampilan Menulis Puisi, Cluster Sampling, Quasi Experimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 02:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29907 |