ANGGRAINI, ANGGI (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111013_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1142111013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 1142111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1142111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1142111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1142111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1142111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1142111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 1142111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1142111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Big Book pada tema lingkungan bersih, sehat, dan asri di kelas I SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A
2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan media Big Book. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas I yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri
104208 Cinta Rakyat. Instrumen penelitian ini melalui wawancara, observasi dan
tes membaca permulaan.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa tingkat keterampilan membaca permulaan pada pratindakan dari 27 siswa diperoleh tingkat keterampilan sebanyak 9 siswa terampil (33,33%) dengan rata-rata nilai 64,29 dan sebanyak 18 siswa (66,67%) belum terampil. Pada siklus I sebanyak 17 siswa terampil (62,97%) dengan rata-rata nilai 72,18 dan sebanyak 10 siswa belum terampil (37,03%). Pada siklus II diperoleh tingkat keterampilan sebanyak 25 siswa terampil (92,60%) dengan rata-rata nilai 80,70 dan sebanyak 2 siswa (7,40%) belum terampil. Hasil observasi aktivitas guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I 70,83% (cukup) dan pada saat siklus II menjadi 87,5% (baik). Demikian juga hasil observasi aktivitas siswa pada saat siklus I hanya memperoleh 72,84% (cukup) dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 85,18% (baik).
Dari hasil data yang diperoleh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada tema lingkungan bersih, sehat, dan asri pada siswa kelas I SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2017/2018. Dengan demikian disarankan agar guru menggunakan media Big Book dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 063 |
Keywords: | KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN; MEDIA BIG BOOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 15:55 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29890 |