PANE, RUKIYAH (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111052_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143111052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 1143111052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1143111052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 1143111052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143111052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143111052_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 1143111052_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1143111052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah rendahnya
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101797
Delitua disebabkan kurangnya penggunaan media sebagai sumber belajar dalam
proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang dipilih kurang tepat dilakukan
dan fasilitas yang digunakan oleh guru kurang dipergunakan. Maka dari itu
peneliti memilih untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media video
dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media video sebagai sumber
belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD
Negeri 101797 Delitua Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh anak di kelas Vc SD Negeri 101797 Delitua yang
berjumlah 24 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan one group pretest posttest
design. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan teknik angket dan
dokumentasi. Dan untuk menganalisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji
realibitas, uji normalitas, uji homogenitas.
Dalam pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji
realibitas, uji persyaratan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis.
Dimana dalam uji normalitas pretest Diperoleh Lhitung < Ltabel; atau 0,08 < 0,18
maka data motivasi belajar siswa untuk kelompok pretest berdistribusi normal.
Dan untuk posttest Diperoleh Lhitung < Ltabel; atau 0,16 < 0,18 maka data motivasi
belajar siswa untuk kelompok posttest berdistribusi normal. Selanjutnya dalam uji
homogenitas Diperoleh nilai Fhitung 1,09 dibandingkan dengan nilai Ftabel (α=0,05
dan dk pembilang 23 dan penyebut 23) diperoleh 1,94; sehingga Fhitung < Ftabel;
kesimpulan varians data motivasi belajar kedua kelompok hasil penelitian berasal
dari populasi yang homogen. Kemudian dalam uji hipotesis diperoleh thitung < ttabel
(1,919 > 2,069), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga
dapat dinyatakan : “Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media video
sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajara IPA di
kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A. 2017/2018”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan media video sebagai sumber belajar dapat mempengaruhi motivasi
belajar siswa kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 058 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 11:42 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29874 |