Chnadra, M.Zeki (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 114345 GUNUNG MELAYU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126182019 Cover.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 8126182019 Pengeahan.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM. 8126182019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 8126182019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM. 8126182019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 8126182019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8126182019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8126182019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8126182019 Bab 1.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM. 8126182019 Bab 5.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 8126182019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn siswa yang
diajarkan dengan strategi pembelajaran quantum teaching dan hasil belajar PKn
siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar
PKn antara siswa yang memiliki sikap belajar tinggi lebih dan hasil belajar siswa
PKn siswa yang memiliki sikap belajar rendah, (3) interaksi antara strategi
pembelajaran dan sikap belajar dalam mempengaruhi hasil belajar pelajaran PKn
siswa di SD Negeri 114345 Gunung Melayu Kabupaten Labuhanbatu Utara.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 114345 Gunung
Melayu Kabupaten Labuhanbatu Utara terdiri 2 kelas dengan jumlah siswa 60
orang. Sampel penelitian ini ditetapkan kelas sampel yaitu kelas V-A = 30 siswa
untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran
quantum teaching dan kelas V-B = 30 siswa untuk mengikuti pembelajaran
dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel
dilakukan dengan total sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil
belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan dan angket untuk sikap belajar.
Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α =
0,05.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKn
siswa menggunakan strategi quantum teaching dengan strategi Ekspositori. Hasil
belajar PKn siswa menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan
nilai rata-rata 89,20, sedangkan hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi
pembelajaran ekspositori memperoleh nilai rata-rata 83,77, (2) terdapat perbedaan
hasil belajar PKn siswa memiliki sikap belajar tinggi dengan memiliki sikap
belajar rendah. Siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dengan nilai rata-rata
hasil belajar PKn yaitu sebesar 89,62, sedangkan siswa yang memiliki sikap
belajar rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 83,55, dan (3) Terdapat interaksi
strategi pembelajaran dan sikap belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn
siswa. Dengan hasil uji Anova AxB diketahui bahwa FBh=5,726 dan F0,05(1,60)=
4,000 ddan hasil hitung FBh= 5,726>4,000.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Cha p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran, Sikap Belajar,Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 01:48 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29869 |