SIMBOLON, PRISKIA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 060934 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311047_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1143311047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 1143311047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM. 1143311047_KATA PENGHANTAR.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM. 1143311047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 1143311047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143311047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143311047_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143311047_BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 1143311047_BAB V.docx - Published Version
Download (26kB)
14. NIM. 1143311047_DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version
Download (19kB)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan metode eksperimental dan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 44 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 2 kelas. Kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Hasil pengujian pretest sebelum diberikan perlakuan berbeda pada kelas eksperimen yaitu nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 67 dan nilai terendah adalah 20, dengan rata-rata 46,09, varians 245,22 dan standar deviasi 15,65. Kemudian pada kelas kontrol yaitu nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 74 dan nilai terendah adalah 20, dengan rata-rata 45,54, varians 349,87 dan standar deviasi 18,70. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretest diperoleh t_hitung < t_tabel yaitu 0,354 < 2,018 maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas kontrol dengan model kooperatif tipe Group Investigation (GI). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai postest dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 71,81 dengan varians 146,25 dan standar devisiasi 12,09 kemudian nilai rata-rata kelas kontrol 68,81 dengan varians 166,25 dan standar devisiasi 12,89.
Dari hasil pengelolaan data postest diperoleh bahwa t_huitung > t_(tabel ) yaitu 2,666 > 2,018 maka Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran kooperatif kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pesawat sederhana di kelas V SDN 060934 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 056 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif, Two Stay Two Stray, Group Investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 18 Apr 2018 09:46 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29861 |