UNSPECIFIED (2018) UPAYAQ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2017/2018". Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.6133111038 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2.NIM.6133111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3.NIM.6133111038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4.NIM.6133111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
5.NIM.6133111038 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6.NIM.6133111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7.NIM.6133111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8.NIM.6133111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
9.NIM.6133111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
13.NIM.6133111038CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
14.NIM.6133111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu Sidikalang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Siempat Nempu Sidikalang Dikelas X – 1, yang berjumlah 34 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran simenggunakan variasi pembelajaran yang berbentuk kelompok dan dengan rotasi sebanyak dua kali pertemuan. Selanjutnya dilakukan Tes Hasil Belajar Passing bawah bola voli siklus I dan siklus II.Setelah data terkumpul dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran diperoleh 15 orang siswa (44%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 19 orang siswa (56%) belum mecapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata – rata 63. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran. (2) dari hasil tes belajar menggunakan variasi pembelajaran disiklus I diperoleh 21 orang siswa (62%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 orang siswa (38%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar (3) dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 30 orang siswa (88%) yang mencapai ketuntasan, sedangkan 4 orang siswa (12%) yang belum mencapai ketuntasan, dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa adalah 85 dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata hasil belajar siklus I ke siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu Sidikalang Tahun Ajaran 2017/2018. Maka hipotesis pada penelitian ini diterima bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran meningkatkan passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA N 1 Siempat Nempu Tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 049 |
Keywords: | Passing Bawah Bola Voly |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29835 |