Ahmad, Agahari (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK PAB 1 HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. (5133131002) COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. (5133131002) APPROVAI-SHEET.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
3. (5133131002) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. (5133131002) PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. (5133131002) TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. (5133131002) ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7. (5133131002) TABLES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. (5133131002) APENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. (5133131002) CHAPTER-I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
10. (5133131002) CHAPTER-II.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
11. (5133131002) CHAPTER-III.pdf - Published Version
Download (857kB) | Preview
12. (5133131002) CHAPTER-IV.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
13. (5133131002) CHAPTER-V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. (5133131002) BLIBLLOGRAPY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
15_ (5133131002) ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)
dan Student Team Achievement Division (STAD).Pengamatan dilapangan melibatkan proses pembelajaran di sekolah kurang
meningkatkan kreativitas siswa. Pelaksanaan pembelajaran di SMK PAB I Helvetia ditemukan beberapa guru yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan menerapkan metode ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini
menjadikan proses pembelajaran berjalan satu arah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang
diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design, hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik
diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sesudah diberikan perlakuan untuk mendapatkan nilai hasil akhir. Setelah data data didapat maka data tersebut dicari realibilitas, normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization didapat nilai rata-rata sebesar 70,89 dan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik menggunakan model pembelajaran
Student Team Achievement Division didapat nilai rata-rata sebesar 78,33. Sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TAI dan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Ketenagalistrikan SMK PAB 1 Helvetia Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 021 |
Keywords: | Hasil belajar; team assisted individualization; student team achievement division; dasar dan pengukuran listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:20 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29802 |