PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADA HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERALATAN UKUR KOMPENEN ELEKTRONIKA PADA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA

SIHOMBING, ABDI PETRO (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADA HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERALATAN UKUR KOMPENEN ELEKTRONIKA PADA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5122131001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5122131001 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5122131001 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5122131001 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5122131001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5122131001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5122131001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5122131001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5122131001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5122131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5122131001 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5122131001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5122131001 LIST OF PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5122131001 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5122131001 LIST OF APPENCICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5122131001 LIST OF APPENCICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5122131001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5122131001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5122131001 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5122131001 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5122131001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5122131001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah adalah pembelajaran konvensional yang pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Memahami Peralatan Ukur Komponen Elektronika siswa kelas X TITL SMK N 2 Siatas Barita.
Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Siatas Barita. pada tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK N 2 Siatas Barita. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu kelas eksperimen yang diajari dengan model pembelajaran Quantum Teaching adalah kelas X TITL 1 dan kelas X TITL 2 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan metode pembelajaran konvensional).
Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil Memahami Peralatan Ukur Komponen Elektronika. Skor rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 22,58 dan kelas kontrol sebesar 18,90. Untuk uji normalitas dengan taraf signifikan 0,05 pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,0767 dan Ltabel sebesar 0,1591 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0767 < 0,1591 maka sampel pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,1332 dan Ltabel = 0,1591 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1332 < 0,1591, maka sampel pada kelas kontrol dikategorikan Normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,34 dan Ftabel sebesar 1,84 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan thitung = 4,699 dan ttabel = 1,671. Nilai thitung > ttabel berarti hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 020
Keywords: model pembelajaran Quantum teaching, hasil belajar memahami peralatan ukur komponen elektronika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:17
Last Modified: 18 Feb 2019 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29767

Actions (login required)

View Item
View Item