SIHOMBING, ABDI PETRO (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADA HASIL BELAJAR MEMAHAMI PERALATAN UKUR KOMPENEN ELEKTRONIKA PADA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122131001 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM 5122131001 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
3. NIM 5122131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 5122131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 5122131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 5122131001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 5122131001 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 5122131001 LIST OF APPENCICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 5122131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM 5122131001 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM 5122131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah adalah pembelajaran konvensional yang pada dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Memahami Peralatan Ukur Komponen Elektronika siswa kelas X TITL SMK N 2 Siatas Barita.
Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Siatas Barita. pada tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMK N 2 Siatas Barita. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling, yaitu kelas eksperimen yang diajari dengan model pembelajaran Quantum Teaching adalah kelas X TITL 1 dan kelas X TITL 2 menjadi kelas kontrol (kelas yang diajari dengan metode pembelajaran konvensional).
Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil Memahami Peralatan Ukur Komponen Elektronika. Skor rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 22,58 dan kelas kontrol sebesar 18,90. Untuk uji normalitas dengan taraf signifikan 0,05 pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,0767 dan Ltabel sebesar 0,1591 karena Lhitung < Ltabel atau 0,0767 < 0,1591 maka sampel pada kelas eksperimen pada kategori normal, uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,1332 dan Ltabel = 0,1591 karena Lhitung < Ltabel atau 0,1332 < 0,1591, maka sampel pada kelas kontrol dikategorikan Normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung sebesar 1,34 dan Ftabel sebesar 1,84 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varian homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan thitung = 4,699 dan ttabel = 1,671. Nilai thitung > ttabel berarti hipotesis diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari hasil belajar yang diajar dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 020 |
Keywords: | model pembelajaran Quantum teaching, hasil belajar memahami peralatan ukur komponen elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:17 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29767 |