PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK JARINGAN TENAGA LISTRIK

PASARIBU, MICHAEL (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X TEKNIK JARINGAN TENAGA LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM (5133331019)- COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM (5133331019)- COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM (5133331019)- APPROVAL SHET.pdf]
Preview
Text
2. NIM (5133331019)- APPROVAL SHET.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM (5133331019)- ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM (5133331019)- ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4, NIM (5133331019)- PREVACE.pdf]
Preview
Text
4, NIM (5133331019)- PREVACE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM (5133331019)- PICTURE.pdf]
Preview
Text
5. NIM (5133331019)- PICTURE.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM (5133331019)- TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM (5133331019)- TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM (5133331019)- TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM (5133331019)- TABLE.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM (5133331019)- ENCLOSURE LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM (5133331019)- ENCLOSURE LIST.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM (5133331019)- CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM (5133331019)- CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM (5133331019)- CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM (5133331019)- CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM (5133331019)- BLIPLOGRAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM (5133331019)- BLIPLOGRAPY.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui perbedaan hasil belajar siswa teknik jaringan tenaga listrik pada materi mendeskripsikan elemen pasif. Antara siswa yang diajarkan menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing Dengan Strategi Liightening The Learning Climate pada siswa kelas X SMK TJTL.Metode yang digunakan dalam strategi ini adalah eksperimen, dimana dalam pelaksanaanya diberikan perlakuan berbeda pada masing masing kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Jaringan Tenaga Listrik. Sampel dalam penelitian ini kelas eksperimen 1 yaitu kelas yang menerapkan Strategi Active Knowledge Sharing Kelas X SMK N 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 31 orang, serta kelas ksperimen 2 yaitu kelas yang Menerapkan Strategi Lightening The Learning Climate adalah kelas X SMK N 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa 30 orang jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 61 orang.Dari hasil pretest, rata-rata kelas eksperimen satu (Active Knowledge Sharing) adalah 32,74 dan kelas eksperimen dua (lightening the learning climate) adalah 31 diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil penlitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mendeskripsikan elemen pasif yang diajarkan menggunakan strategi active knowledge sharing dengan strategi lightening the learning climate, T hitung =11,08 > t tabel 2,001.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 022
Keywords: STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING, STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:16
Last Modified: 18 Feb 2019 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29761

Actions (login required)

View Item
View Item