Fitri, Wijayawati (2010) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PROFESIONALITAS MENGAJAR GURU TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500061188110002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
1500061188110002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
150061188110002 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
1500061188110002 Bab I.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
1500061188110002 Bab V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
1500061188110002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh latar belakang pendidikan dengan profesionalitas mengajar guru, (2) Pengaruh kecerdasan emosional dengan profeesionalitas mengajar guru, (3) Pengaruh latar belakang pendidikan dan kecerdasan emosional dengan profesionalitas mengajar guru.Metode penelitian ini adalah penelitian survey hubungan kausal dengan teknik Analisis jalur/path Analysis. Populasi penelitian ini adalah guru TK `Aisyiyah Se-Kota Medan yang berjumlah 57 orang dengan teknik total sampling seluruh populasi dijadikan sampel.instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert.Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1)Apakah terdapat pengaruh yang berarti antara latar belakang pendidikan dengan profesionalitas mengajar guru,(2) Apakah terdapat pengaruh yang berarti antara kecerdasan emosional dengan profesionalitas mengajar guru, (3) Apakah terdapat pengaruh yang berarti antara latar belakang pendidikan dan kecerdasan emosional dengan profesionalitas mengajar guru.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Latar belakang pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan dengan profesionalitas mengajar guru dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 3,5%, (2) kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yantg signifikan dengan profesionalitas mengajar guru dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 58,52%, dan (3) latar belakang pendidikan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap profesionalitas mengajar guru dengan besar sumbangan efektif sebesar 82%.Disamping itu peningkatan tingkat pendidikan dan kemampuan mengendalikan diri hendaknya terus dikembangkan melalui pelatihan dan penataran yang efektif sehingga akan menjadi faktor pendorong yang positif bagi peningkatan profesionalitas mengajar guru. Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan (Xi) yang secara langsung memengaruhi profesionalitas mengajar guru (Y) adalah sebesar (0,188)2 = 0,035 atau 3,5%,Besarnya pengaruh kecerdasan emosional (X2) yang secara langsung memengaruhi profesionalitas mengajar guru (Y) adalah sebesar (0,765)2 = 0,5852 atau 58,52 %. Besarnya pengaruh latar belakang pendidikan (Xi) dan kecerdasan emosional (X2) yang secara langsung memengaruhi profesionalitas mengajar guru (Y) secara sirnultan sebesar 0,820 atau 82 %. Sisanya sebesar 0.180 atau 18 % dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian.Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan dan kecerdasan emosional merupakan faktor yang menentukan peningkatan profesionalitas mengajar guru. Fakta empiris ini menunjukkan bahwa Pimpinan Daerah `Aisyiyah Kota Medan Majelis Dikdasmen beserta kepala sekolah disarankan untuk memberikan perhatian khusus terutama dalam kaitan peningkatan dan pengembangan profesionalitas mengajar guru melalui kesempatan studi lanjuthingga bantuan dana pendidikan dan pelatihan serta pembinaan emosional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.216 Wij p |
Keywords: | Mengajar; Guru; Profesionalitas; Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 22:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2975 |