HARAHAP, MEILINDA KARDHIENA (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL GERAK TERHADAP HASIL PRAKTEK RIAS WAJAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113144026 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 5113144026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
3. NIM. 5113144026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 5113144026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 5113144026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5113144026 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 5113144026 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 5113144026 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 5113144026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 5113144026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5113144026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui hasil praktek Rias Wajah Malam Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Medan dengan menggunakan media pembelajaran Audio Visual Gerak. (2) untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual gerak terhadap hasil praktek koreksi bentuk wajah rias wajah malam hari siswa kelas X SMK Negeri 10 Medan.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Tata Kecantikan yang berjumlah 58 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, yaitu mengambil kelas X-A sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan hasil praktek rias wajah malam hari. Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek rias wajah malam hari dengan menggunakan media pembelajaran audio visual gerak pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pre tes ke postes yaitu dari nilai rata-rata 66,07 meningkat menjadi 81,41 dengan tingkat kecenderungan hasil belajar pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol (dengan menggunakan media pembelajaran power point) juga mengalami peningkatan dari pretes ke postes yaitu dari nilai rata-rata 66,03 meningkat menjadi 72,72 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori cukup. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 5,160 dengan ttabel pada dk = 56 yaitu sebesar 1,67. Maka nilai thitung > ttabel atau 5,160 > 1,67 yang artinya bahwa Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran audio visual gerak terhadap hasil praktek rias wajah malam hari pada siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 10 Medan teruji kebenarannya. Hal ini berarti hasil praktek rias wajah malam hari siswa pada kelas eksperimen (media pembelajaran audio visual gerak) lebih tinggi daripada hasil praktek rias wajah malam hari siswa pada kelas kontrol (media pembelajaran power point).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 RIAS 010 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > N Visual arts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:15 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29737 |