UPAYA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP SWASTA GAJAHMADA MEDAN T.A 2017/2018

Zebua, Indah Lestari (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS VII SMP SWASTA GAJAHMADA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4132111014 cover.pdf]
Preview
Text
1. 4132111014 cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 413211014 lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 413211014 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 3.  4132111014 riwayat hidup.pdf]
Preview
Text
3. 4132111014 riwayat hidup.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4132111014 abstrak.pdf]
Preview
Text
4. 4132111014 abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4132111014 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
5. 4132111014 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 6.4132111014 daftar isi.pdf]
Preview
Text
6.4132111014 daftar isi.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4132111014 daftar gambar.pdf]
Preview
Text
7. 4132111014 daftar gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4132111014 daftar tabel.pdf]
Preview
Text
8. 4132111014 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 9.  4132111014 daftar diagram.pdf]
Preview
Text
9. 4132111014 daftar diagram.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 10.  4132111014 daftar grafik.pdf]
Preview
Text
10. 4132111014 daftar grafik.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 11.  4132111014 daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
11. 4132111014 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 12. 4132111014 BAB I Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
12. 4132111014 BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 16. 4132111014 Bab V kesimpulan dan saran.pdf]
Preview
Text
16. 4132111014 Bab V kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 17. 4132111014 daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
17. 4132111014 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Teams Assited Individualization pada materi Pecahan di kelas VII SMP Swasta Gajahmada Medan T.A 2016/2017.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Gajahmada Medan yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Tipe Teams Assited Individualization pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Swasta Gajahmada Medan T.A 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing – masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah. Dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostic yaitu 5 dari 35 orang siswa (14,2 %) dengan rata – rata kelas 46,3. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Teams Assited Individualization menunujukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 26 orang siswa ( 81,1%) dengan rata – rata kelas 70,5. Hasil analisis data pada siklus II dengan model pembelajaran Teams Assited Individualization menunujukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 31 orang siswa ( 88,6%) dengan rata – rata kelas 76,5. Berdasarkan criteria ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran Teams Assited Individualization, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 063
Keywords: Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Model Kooperatif, Teams Assited Individualization
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:13
Last Modified: 14 Feb 2019 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29726

Actions (login required)

View Item
View Item