SUTANTI, ARY (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111008 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02. NIM 2133111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
03. NIM 2133111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
04. NIM 2133111008 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
05. NIM 2133111008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
06. NIM 2133111008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 2133111008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 2133111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
12. NIM 2133111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 2133111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 2133111008 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
ARY SUTANTI, NIM 2133111008 “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Script Terhadap Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2017/2018” Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia/ S-1, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperatif script dalam pembelajaran menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintang Bayu yang diterapkan oleh guru dan juga mendeskripsikan apa dampak model pembelajaran cooperatif script terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintang Bayu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII dan siswa kelas VII dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperatif script yang dilakukan guru dalam pembelajaran menyimak teks berita siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat bagaimana penerapan model pembelajaran cooperatif script yang dilakukan guru dalam pembelajaran menyimak teks berita siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil penerapan model pembelajaran cooperatif script yang diterapkan oleh guru adalah 74 % . Hal tersebut dikarenakan guru tidak menjalankan 17 langkah-langkah model pembelajaran cooperatif script sehingga berdasarkan pendapat Nurgiyantoro guru tersebut terkategori baik. (2) hasil penelitian dampak penerapan model pembelajaran cooperatif script terhadap siswa SMP Negeri 1 Bintang Bayu adalah 69,98 % hal tersebut dikarenakan siswa tidak memenuhi 10 tahap dampak model pembelajaran cooperatif script berdasarkan pendapat Nurgiyantoro siswa tersebut terkategori cukup. (3) hasil kemampuan siswa dalam menyimak teks berita kelas VII SMP Negeri 1 Bintang Bayu berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72,97. (4) kemampuan menyimak teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bintang Bayu berdasarkan struktur tergolong cukup, yaitu rata-rata 66,60, sedangkan berdasarkan ciri kebahasaan tergolong baik, yaitu rata-rata 76,25
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 044 |
Keywords: | model pembelajaran cooperatif script, teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 17 Apr 2018 15:09 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29691 |